Minggu, 05 Agustus 2012

MEMBUAT KEMIN UNTUK AYAM

fungsi kemin tidak hanya bisa digunakan sebagai perawatan tapi juga dapat dipakai sebagai pengobatan. Fungsi kemin diantaranya dapat menyembuhkan luka-luka sehabis bertarung, selain itu membuat badan ayam selalu segar dan memperkuat kulit ayam.

Untuk mendapatkan bahan kemin kini banyak dijual di pasaran terutama mereka yang jual ayam impor, karena sampai saat ini belum ada kemin bikinan Indonesia yang dijual di pasaran, masih mengandalkan impor dari Thailand, padahal cara membuatnya sangat sederhana dan mudah.
Ali botoh kawakan yang kini tinggal di Makkasar mengungkapkan, membuat kemin cukup mudah. “Campur kunyit dan kapur serta larutkan dalam air sudah jadi,” kata Ali singkat saat diminta untuk menjelaskan kemin bikinanya sendiri. Membuat kemin langsung pakai, kunyit yang sudah dibersihkan diparut atau dihaluskan lalu dicampur dengan kapur dan ditambah air sirih, sudah langsung dapat dipakai.
Namun cara yang lebih efesien adalah membuat dengan jumlah yang cukup untuk persediaan, sehingga begitu diperlukan tinggal pakai tanpa harus direpotkan membuat lagi. Kunyit yang sudah halus dijemur hingga kering, baru ditumbuk hingga menjadi bentuk bubuk, untuk mendapatkan bubuk yang halus disaring dan butiranya yang masih besar ditumbuk lagi sampai semuanya halus.
Kunyit yang sudah halus dan kering disimpan, begitu ingin menggunakan tinggal mencampur dengan kapur, lalu dilarutkan dengan menggunakan air sirih secukupnya. Perbandingan antara kunyit dan kapur 1:1. Lebih praktis lagi bisa menggunakan kunyit instant yang sudah banyak dijual di supermarket, biasa untuk bumbu masak.
Pemakaian kemin bisa dilakukan seminggu dua kali, pemberian kemin sebaiknya dilakukan setelah ayam dimandikan dan sebelum dijemur. Caranya larutan kemin dioleskan dengan menggunakan kain atau spon secara merata dipermukaan kulit ayam, mulai muka hingga dibawah bulu badan, sayap dan kaki. Saat mengoleskan kemin jangan sampai berlepotan bahkan kalau bisa hindari kemin mengenai bulu ayam, terutama bulu ayam bagian luar agar tidak kusam yang bisa mempengaruhi penampilan.
Pemberian kemin juga dapat dilakukan seusai sparing atau mencoba, sehingga luka yang diderita cepat kering dan tidak menimbulkan infeksi yang cukup lama sehingga menggangu proses perawatan berikutnya.

sumber ; MEDIA AYAM ( online )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar